PENINGKATAN PENGAMALAN AKHLAQUL KARIMAH

Pada situasi global seperti saat ini, pengaruh kebudayaan barat semakin mempengaruhi aspek-aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Dimana nilai-nilai yang terkandung dalam budaya barat tersebut sangat jauh menyimpang dari sendi-sendi agama.

Aklaq masyarakat semakin menyerupai binatang, jauh dari hakekat dan kehormatannya sebagai manusia. Ditandai dengan hilangnya rasa malu akibat berbuat dosa, tidak adanya sopan santun, hilangnya rasa hormat, anak berani pada orang tua, yang muda tidak menghormati yang lebih tua. Selain itu masih ada perilaku amoral lainnya seperti tawuran, menghilangankan nyawa orang lain dengan membunuh, perbuatan asusila, penggunaan obat-obatan terlarang, pergaulan bebas antara laki-laki dan perempuan dan banyak perilaku lainnya.

Untuk menghindari semakin berkembangnya hal-hal tersebyt, diperlukan adanya pembinaan akhlaqul karimah. Pembinaan tersebut dilakukan dengan memberikan contoh konkrit dalam kehidupan sehari-hari yang bisa dimulai dari kehidupan keluarga, yaitu dengan keteladanan dari orang tua dan tokoh masyarakat, yang mana bisa tercemin dari tingkah laku, pola pikir dan kepribadian masing-masing individu. Sehingga akhirnya bisa tercipta pola kehidupan yang tersusun secara harmonis dimana setiap anggota masyarakat memiliki akhlaq yang mulia.

Comments

0 Responses to "PENINGKATAN PENGAMALAN AKHLAQUL KARIMAH"

Post a Comment

E-Guest Book


ShoutMix chat widget